,

Top 10 Agama Terbesar di Dunia

Top 10 Agama Terbesar di Dunia – Pengertian agama secara harfiah adalah A: tidak, Gama: kacau, bisa diartikan dengan adanya agama bisa berarti tidak adanya kekacauan. Menurut Emile Durkheim agama adalah suatu sistem terpadu yang terdiri dari kepercayaan dan praktek yang berhubungan dengan hal suci. menurut KBBI, agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Ada banyak agama yang berkembang di seluruh dunia, namun kali ini akan dirangkum menjadi 10 Agama terbesar di dunia.

1. Agama Kristen (2.1 milyar)

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasarkan pada  hidup, ajaran, sengsara, wafat sampai kebangkitan sang Yesus. Agama kristen memiliki keyakinan bahwa Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juga Mesiah, sang juru selamat untuk seluruh umat manusia dengan menebus manusia dari semua dosa mereka.
2. Agama Islam (1.5 milyar)


Para pengikut ajaran Islam disebut Muslim yang memiliki arti seorang yang patuh dan tunduk kepada Sang Khalik. Muslimin merupakan bentuk panggilan untuk umat islam laki-laki sedangkan Muslimat panggilan untuk perempuan. Agama Islam mengajarkan bahwasanya Allah menurunkan firman kepada umat manusia melalui para utusan-Nya yaitu nabi dan rasul. dan agam islam ini mengajarkan umat manusia untuk meyakini bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul utusan Allah yang terakhir yang diutus ke dunia.
3. Agnostic atau Atheis / Agama yang berpandangan bahwa Tuhan tidak dapat diketahui (1.1 milyar)

Atheis adalah suatu pandangan bahwa nilai kebenaran dari suatu hal tertentu yang pada umumnya berkaitan dengan hal teologi, dewa, metafisika, keberadaan Tuhan,dan lain sebagainya yang tidak mampu diketahui dengan menggunakan akal pikiran manusia yang terbatas ini. Seorang atheis menyatakan bahwa tidak mungkin dapat mengetahui secara definitif mengenai pengetahuan tentang Yang-Mutlak, bisa dikatakan juga, bahwa meskipun perasaan subyektifitas sangat mungkin, tetapi secara obyektif, pada dasarnya mereka juga tidak mempunyai informasi yang bisa diverifikasi.
4. Agama Hindu (1 milyar)

Agama Hindu (Sanskerta: Sanātana Dharma सनातन धर्म yang artinya “Kebenaran Abadi”), dan Vaidika-Dharma (“Pengetahuan Kebenaran”) merupakan salah satu agama terbesar di dunia yang berasal dari India. Agama ini adalah lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan suatu kepercayaan dari bangsa Indo-Iran (Arya). Agama Hindu diperkirakan muncul sekitar tahun 3102 SM sampai tahun 1300 SM dan agama ini adalah agama tertua di dunia ini  yang masih bertahan sampai saat kini.
5. Agama Buddha (500 juta)

Buddha (Sanskerta: बुद्ध yang memiliki arti Mereka yang Sadar, mereka Yang mencapai pencerahan sejati). sedangkan dari perkataan bahasa Sanskerta: “Budh”, yang berarti untuk mengetahui). Budha merupakan suatu gelar kepada individu yang mampu menyadari potensi penuh diri mereka untuk memajukan diri dan untuk yang berkembang kesadarannya. Budha sering digunakan untuk merujuk pada Siddharta Gautama, sang guru agama dan juga pendiri Agama Buddha.
6. Indigenous/Agama Adat (450 juta)

Indigenous adalah kepercayaan orang-orang, suatu komunitas, maupun bangsa yang masih asli di suatu daerah tertentu. sangat Banyak adat dan budaya yang merupakan minoritas yang mampu menonjol dari pada masyarakat mayoritas, yang mengikuti budaya kebarat-baratan, dan mereka bermaksud untuk tetap melestarikan, menghidupkan kembali, dan meningkatkan daya tarik serta keunikan dari nilai-nilai tradisional, sosial maupun adat-istiadat, dan bersama dengan segala upaya yang sungguh-sungguh guna menyebarkan pengetahuan untuk generasi yang akan datang. Agama Indigenous masih sangat banyak ditemui di benua Afrika, benua Amerika dan benua Asia.
7. Chinese traditional (400 juta)

Kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa ialah tradisi dan kepercayaan rakyat yang dipegang oleh kebanyakan dari bangsa Tionghoa, terutama dari suku Han. Kepercayaan ini memang tidak mempunyai suatu kitab suci resmi dan sering berupa sinkretisme dari beberapa kepercayaan maupun filsafat, antara lain Konfusianisme, Buddhisme dan Taoisme. Kepercayaan tradisional Tionghoa juga mengunggulkan lokalisme seperti bisa dilihat saat penghormatan kepada datuk di kalangan warga Tionghoa di daerah Sumatera sebab adanya pengaruh dari kebudayaan Melayu.
8. Shinto (27 – 65 juta)

Shinto secara harfiah memiliki makna jalan atau jalur dewa. Shinto adalah sebuah agama yang asalnya dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia ke-2, Shinto merupakan agama resmi di Jepang. Agama Shinto mengikutkan penyembahan, yang bisa juga diterjemahkan menjadi dewa, roh alam, maupun hanya sekedar kehadiran rasa spiritual. Sebagian berasal dari wilayah setempat dan bisa jadi dianggap sebagai suatu roh yang mewakili wilayah tersebut, namun yang lainnya mewakili beberapa benda dan suatu proses alami yang utama, seperti Amaterasu, dewi matahari.
9. Sikh (25 juta)

Sikhisme (bahasa Punjabi: ਸਿੱਖੀ) juga merupakan salah satu agama besar di dunia. Agama ini mulai berkembang terutama pada abad ke-16 dan 17 di India. Kata Sikhisme merupakan kata yang berasal dari Sikh, yang memiliki arti murid atau pelajar. Kepercayaan-kepercayaan yang utama dalam Sikhisme adalah Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka yang terdapat dalam naskah-naskah Sikh hanya terdiri dua kata, dan itu mencerminkan kepercayaan dasar dari seluruh umat yang taat kepada ajaran-ajaran di dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan). dan Ajaran Sepuluh Guru Sikh (dan juga para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.
10. Yahudi (18 juta)

Yahudiah (Yudaisme) adalah suatu kepercayaan orang/bangsa Yahudi (merupakan penduduk negara Israel maupun orang-orang Israel yang tinggal di luar negeri). Kitab Suci dari agama Yahudi menuliskan bahwa Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham bahwa beliau dan cucu-cicitnya akan mendapat rahmat apabila selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi lagi oleh Yakub dan Ishak. lalu kemudiankeduanya yang menurunkan bangsa Yahudi, sehingga mereka meyakini bahwa mereka adalah bangsa yang terpilih. (Simak: 10 Negara Termaju di Dunia)

Apa Yang Kamu Pikirkan ?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%