,

Top 10 Kucing Terbesar di dunia

Top 10 Kucing Terbesar di dunia – Kucing merupakan hewan yang tidak asing bagi manusia, bahkan banyak manusia memelihara kucing sebagai hewan peliharaan. Namun, 10 kucing kali ini bukanlah kucing yang biasa kita pelihara, kucing di sini merupkan spesies biologis dari bangsa kucing yang mempunyai perbedaan ukuran saja. Berikut 10 kucing terbesar di dunia.
1. Harimau (Panthera Tigris)

Dikenal sebagai kucing dengan ukuran terbesar. Memiliki besar tubuh yang hamper sama dengan singa. Panjang dari harimau jantan berkisar antara 2,6 – 3,3 meter sedangkan yang betina berkisar antara 2,3 – 2,75 meter. Harimau terkecil adalah harimau Sumatra sedangkan yang terbesar adalah harimau Siberia.
2. Singa (Panthera Leo)

Kucing besar yang satu ini biasa hidup secara berkelompok, memiliki ciri bulu yang lebat di kepalanya samping telinga. Spesies singa jantan cenderung lebih santai berbanding terbalik dengan singa betina yang lebih agresif saat berburu. Kini habitatnya hanya di sebagian kecil india dan benua afrika, di karenakan oleh ulah pemburu liar yang ingin mengambil kulit singa.
3. Jaguar ( Panthera Onca)

Masih termasuk dalam genus panther. Sebagian besar kucing ini berada di benua amerika.ciri khas dari jaguar adalah memiliki totol, nerneda dengan leopard, tutul pada jaguar lebih besar dan tebal serta terdapat titik putih kecil ditengahnya. Jaguar memiliki panjang 1,6 – 1,8 meter.
4. Macan tutul/Leopard – Panthera Pardus

Dijuluki juga sebagai harimau dahan karena kemampuannya untuk memanjat pohon. Leopard umumnya bewarna kuning kecoklatan dengan totol bewarn hitam. Panjang tubuh leopard sendiri bisa mencapai 2 meter untuk yang jantan sedangkan yang betina memiliki ukuran lebih kecil.
5. Cheetah (Acinonyx Jubatus)

Kucing terbesar di dunia merupakan family dari Felidae, yaitu hewan yang berburu dengan menggunakan kecepatan dan bukan dengan mengendap – endap ataupun bergerombol. Merupakan hewan darat tercepat di dunia. Kecepatannya mencapai 110 km/jam dengan akselarasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik !. merupakan predator paling efisien dan mematikan di darat.
6. Macan tutul Salju (Uncia uncial)

Memiliki bulu tebal berwarna putih keabuan dan bintik berwarna hitam kecoklatan. Panjang tubuhnya mencapai 1,3 meter dan panjang ekornya bisa mencapai 1 meter. Beda dengan kucing besar lain, spesian macan tutul salju ini tidak bisa mengaum. Terdapat di pegunungan salju asia tengah, dari afganistan sampai Tibet bagian timur.
7. Kucing Emas (Catopuma Temmincki)

Ukurannya lebih besar dari kucing rumahan namun lebih kecil dari harimau. Memiliki ciri warna tubuh kuning kecoklatan dan belang putih serta hitam melintas pada bagian pipinya, juga terdapat warna putih diantara kedua matanya dengan banyak garis berwarna hitam memanjang pada muka.
8. Puma

Salah satu kucing besar yang terkenal di dunia, identic dengan brand olahraga. Puma memiliki nama lain yaitu Cougar, dapat di jumpai di kawasan benua amerika dan mempunyai genetic yang hamper sama dengan kucing.
9. Macan Dahan (Neofelis diardi)

Merupakan kucing liar yang dapat temukan di kawasan Kalimantan dan Sumatera. Bahkan macan dahan Kalimantan kini mulai terancam populasi menurut IUCN pada tahun 2008 silam, diperkiran spesies dewasa dari kucing ini tak kurang dai 10.000 individu dewasa saja.
10. Kucing Batu (Pardofelis Marmorata)

Terkenal dengan bulunya yang indah dan gerakannya yang gesit. Kucing ini banyak di buru untuk di ambil kulitnya sebagai hiasan. Dalam Bahasa inggris kucing ini memiliki nama Marbled Cat.(Simak: 10 Kota Terbesar di Dunia)

Apa Yang Kamu Pikirkan ?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%