,

10 Paus Terbesar di Dunia

Top 10 Paus Terbesar di Dunia – Paus merupakan salah satu hewan purba sekaligus merupakan mamalia terbesar di bumi yang hidup di air. Mungkin tak banyak dari kita yang mengetahui berbagai macam paus yang terdapat di penjuru belahan dunia ini. Berbahayakah para Paus tersebut kepada manusia? Sebesar apasih Paus itu? Kali ini kami akan menyajikan 10 Paus terbesar yang ada di dunia
1. Paus Narwhal



Merupakan spesies paus yang paling tidak dikenal oleh manusia, panjang tubuh dari paus narwhal ini hanya 4 – 4,5 meter. Nama narwhal sendiri diambil dari Bahasa Norse kuno yang berarti “mayat” hal itu disebabkan karena kebiasaan paus ini yang berenang tak bergerak diatas permukaan laut dengan posisi perut berada diatas, warna kulitnya yang bertotol – totol kelabu membuat ia semakin menyerupai sosok pelaut yang tenggelam. Paus yang hanya hidup di perairan samudera arktik ini memiliki ciri khusus dengan tanduk spiral di kepalanya yang panjangnya mencapai 2,4 Meter. Tanduk ini sendiri berfungsi sebagai sensor raksasa serta untuk mengetahui kualias air dan mencium narwhal lainnya.
2. Paus Beluga



Salah satu species paus yang kini terancam punah, tercatat populasi saat ini diseluruh dunia hanya mencapai 150 ribu ekor didunia. Ciri khas yang dimiliki paus ini adalah tonjolan yang ada di kepalanya yang berfungsi sebagai tempat organ ekokolasi yang membantu nya bergerak dan menemukan lubang pada lapisan es di laut. Hewan yang hidup di samudera arktik ini memiliki panjang mencapai 5,5 Meter dengan bobot sekitar 1,6 ton. Paus ini juga mampu menyelam hingga kedalam 700 meter.
3. Paus Pembunuh

Merupakan salah satu Paus yang paling dikenal oleh manusia lewat film “Free Willy”. Paus ini identic dengan warna punggung hitam dengan dada bewarna putih dengan sirip yang mencapai panjang 2 meter. Paus jantan sndiri berukuran 6-8 Meter dengan bobot 10 ton sedangkan paus betina 5 – 7 Meter. Populasi paus ini tersebar di samudera arktik sampai lautan tropis. Makanan utama paus ini adalah ikan kecil, anjing laut, dan paus lainnya. Meskipun begitu paus ini tidak berbahaya bagi manusia.
4. Paus Minke


Paus ini memiliki nama lain yaitu Rorqual kecil, dengan berat yang mencapai 10 ton, paus ini sanggup berrenang hingga kecepatan 38 km/jam. Perilaku unik dari paus ini adalah kebiasaannya untuk bernafasa 3 samapi 5 kali dalam range waktu yang dekat setelah itu ia mampu menyelam hingga 20 menit . paus ini identic dengan warna hitam, abu – abu, dan ungu. Yang membedakannya dengan paus lain adalah siripnya yang memiliki garis putih. Panjang paus ini berkisar antara 9 – 10,7 Meter.
5. Paus Bungkuk putih


Paus terbesar di dunia selanjutnya bisa disebut paus pengelana, karena dalam hidupnya paus ini mampu menjelajah hingga 25 ribu km setiap tahunnya (seperempat keliling garis bumi). Paus ini hanya makan di lautan tropis hingga subtropics dan melahirkan anaknya di musim dingin. Ukuran panjang dari paus ini bias menapai 12 – 16 Meter dengan bobot sekitar 260 Kg. ciri khas dari paus ini adalah sirip dada yang panjang dengan kepala yang enonjol, seperti lumba – lumba. Paus ini juga gemar melompat tinggi sambal mengibaskan air dengan ekor dan dadanya.
6. Paus Sperm


Paus ini sendiri memiliki nama ilmiah yaitu Subordo odontoceti, merupakan Paus yang memiliki panjang yang mencapai 15 – 18 Meter. Paus speme senidri memiliki ciri khas berwujud batok kepalanya yang membesar serta dengan di tunjang dengan dahinya yang buat menonjol.
7. Paus Sikat


Paus yang gemar hidup di pantai ini merupakan salah satu paus yang paling gemar diburu oleh manusia karena sifatnya yang jinak, perilaku makannya, dan mengandung kadar minyak paus yang sangat tinggi. Dan merupakan salah satu species paus yang dilindungi serta hamper punah. Diperkirakan populasinya hanya sekitar 400 ekor diseluruh dunia saat ini. Paus ini sendiri memiliki panjang 18 meter dan bobot yang mencapai 100 ton.
8. Paus Kepala Busur


Mamalia yang hanya hidup pada lautan arktik sampai sub-arktik ini memiliki warna khas gelap dan tanpa sirip. Paus ini merupakan paus dengan mulut terlebar dan juga merupakan sasaran para pemburu sampai pada tahun 1966 setelah adanya memotarium. Paus ini sendiri diperkirakan hanya tinggal 14.000 populasi lagi, selain karena di buru factor iklim serta lalu lintas kapal juga ikut andil dalam pengurangan populasi dari Paus Kepala busur ini. Paus ini memiliki panajng mencapai 20 Meter dengan berat hingga 75 – 100 ton.
9. Paus Sirip


Paus kedua terbesar di dunia ini adalah Paus sirip yang memiliki nama latin Balaenoptera Physalus. Paus ini identic dengan warna abu abu coklat dan bagian bawahnya bewarna lebih terang. Paus ini juga merupakan spesies yang hamper punah, jumlah populasinya diperkirakaan hanya 100ribu – 199ribu saja didunia. Paus Sirip sendiri memiliki panjang 27,5 meter dengan bobot yang mencapai 74 ton.
10. Paus Biru


Merupakan mamalia terbesar di planet bumi dengan panjang yang mencapai 100 kaki (100 meter). Ciri khas dari paus biru ini adalah bentuk tubuhnya yang ramping dan memanjang, dengan warna abu – abu kebiruan di bagian dorsalnya dan semakin terang di bagian depannya. Paus biru sendiri memiliki bobot hingga 170 Ton dan juga merupakan spesies yang hampir punah dengan populasi yang tinggal 5.000 – 12.000 saja diseluruh dunia. (Lihat : 10 Kapal Terbesar di Dunia)

Apa Yang Kamu Pikirkan ?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%